Minggu, 26 Februari 2012

Informasi Halaman :
Author : Alip Hadi Mujiono, Staf Pengajar TIK di SMP NU 02 Dukuhturi Kabupaten Tegal.
Judul Artikel :
URL : http://tahrirmansur84.blogspot.com/2012/02/naskah-dacil-adabkepada-ibu-bapak-oleh.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
Naskah Dacil ADAB KEPADA IBU BAPAK
Oleh Tahrir,S.Pd.I

عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُاَلسَّلَامُ
اَلْحَمْدُ لِله, وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُولِ اللهِ, لَا حَوْلَ وَلَاقُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ, اَمَّابَعْدَه.
Saudaraku ... Sudahkah kita berbakti kepada orang tua dengan benar.....? Mungkin kalau kita yang menjawab, kita telah berbakti. Eh. Ternyata masih amat jauh dari yang dikatakan berbakti.
Ibu bapak adalah orang yang telah merawat kita, mulai ketika masih di dalam kandungan sampai sekarang. Betul apa betul..! Untuk itu sudah sepantasnyalah kita berbakti kepada mereka. Alloh telah memerintahkan dalam (QS. Al ‘Ankabut ayat: 8)
 وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حُسْنًا > اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِبِسْمِ
“Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya.”
Adab kepada orang tua diantaranya yang pertama yaitu: mendahulukan orang tua dari diri kita. Ada kisah di dalam al-qur’an. Ada tiga orang terjebak di dalam gua. Ketika dia di dalam gua tiba-tiba pintu gua ambruk, bruk. Mulut gua pun tertutup rapat. Salah satu dari ketiga orang tadi bertawassul . “Ya Alloh, saya telah berbuat baik kepada Ibu bapakku, setiap hari saya memberikan susu untuk ibu bapakku. Ya Alloh, tolonglah kami dari bencana ini” akhirnya ketiga orang tadi dapat terselamatkan dan keluar dari gua. Itulah salah satu fadilah berbuat baik kepada orang tua.
اَللّٰهُمَّ صَلِّ وسَلِّم عَلَى. سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ وَاَلِهِ (-) عَدَدمًا فِى عِلْمِ اللهِ صَلَةً. دَئِمَةً بِدَوَمِ مُلْكِ اللهِ
لِلْاَبِ وَالْاُمِ حُقُوْقٌ وَجِبُ. اَنْتَ مِنَ الْاَنَ بِهَا مُطَلَبُ (-) اِنَّا دَيَاكَ فَسْرِعُ مُلَبِّيًا. وَاَقْبِلُ خَاطَبَاكَ مُصْغِيًا
Yang kedua, jangan mencela dan yang menyebabkan orang tua tercela. Apa sih yang menyebabkan orang tua tercela ! Misalnya ada anak sebut saja Dumpret namanya. Ketika orang-orang sedang sholat di dalam masjid, Dumpret pura-pura ikut sholat, pas dibelakang imam. Perasaan imam pun sudah was-was,”jangan-jangan si Dumpret mau jail lagi nih”. Allohu akbar. Pada saat imam ruku’, Dumpret berjalan ke depan dan naik dilehernya imam. Sang imam pun bingung, mau bangkit nanti Dumpret jatuh dan nangis, mau sujud terus tajut dikira mainan kuda-kudaan. Yang lebih parah lagi Dumpret kencing lagi. Na’udubillahimin...dalik. kalau seperti ini kejadiannya coba siapa yang malu..? siapa yang malu..? pasti orang ...tuanya.
     Untuk itu saya mengajak ayo kita mulyakan orang tua ! siap untuk membahagiakan orang tua ..? hidup ibu....! hidup bapak..! aku punya pantun, begini
Kalau teman kepingin makan tomat
Bacalah bismilah terlebih dahulu
Kalau ingin dunia akhirat selamat
Berbaktilah kepada ibu bapak dulu

Sekian dulu dari saya. Mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan saya. Fastabiqul khoirot
عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُاَلسَّلَامُ وَ
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.roomantik.com

0 komentar: