Jumat, 24 Februari 2012

Informasi Halaman :
Author : Alip Hadi Mujiono, Staf Pengajar TIK di SMP NU 02 Dukuhturi Kabupaten Tegal.
Judul Artikel :
URL : http://tahrirmansur84.blogspot.com/2012/02/naskah-daciladab-berpakaian.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
Naskah Dacil ADAB BERPAKAIAN
Oleh Tahrir,S.Pd.I


عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُاَلسَّلَامُ

حَمْدًا وَشُكْرًا لِلهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُولِ اللهِ. اَمَّابَعْدَ
Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang adab berpakaian. Alloh berfirman di dalam al-qur’an:
اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ .خُذُو زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَّكُلُّ وَشْرَبُ وَلَا تُسْرِفُبِسْمِ
Pakailah pakaian kamu yang baik-baik setiap memasuki masjid, makanlah, minumlah dan jangan berlebihan.
Hadirin hadirot yang dimulyakan oleh Alloh.
Di dalam semua hal, adab harus kita junjung tinggi. Baik itu adab makan, minum, bahkan berpakaian sekalipun ada adabnya. Nah, oleh karena itulah agama islam disebut agama yang beradab bukan biadab.
Adab berpakaian diaantaranya, yang pertama, kalau kita umpanya memakai baju, mulailah dengan membaca Bismillahirrohmanirrohim sesudahnya dibaca Alhamdulillahirrobbil ‘alamin.
Dimulakan dengan bismillah – disudahi dengan alhamdulillah
Begitulah sehari dalam hidup kita – mudah mudahan dirahmati Alloh

Dan yang kedua. Kebersihan harus perlu diperhatikan. Ini kadang-kadang sudah satu minggu tidak dicuci pakaiannya. Itupun memakainya dicampur pakai parfum lima botol, tambah bau. Akhirnya orang kalau nyiumnya batuk-batuk,  ekhiy, ekhiy.
Yang ketiga, jangan berlebihan. Mentang-mentang ayahnya pengusaha sukses, dibelikan baju yang harganya harga mahal, kemudian bahkan gigiyapun diganti dengan emas. Dan kalau makan, itu langsung ditelan. Huuup emh, Huuup emh. Langsung ditelan.
Nah Kemudian yang keempat, harus sesuai pada tempatnya. Ini tida,  ada pula si Togar, sudah ganteng dengan pecinya. Sudah ganteng, tetapi pake rok mini pula di bawah. Nah, laki-laki tidak boleh memakai pakaian perempuan, dan perempuan tidak boleh memakai pakaian laki-laki.
Ada satu cerita nih temen-temen, mau denger nggak ...! ada seorang anak berkata pada ibunya, ma, ma aku mau pake jilbab ma !. ah kau tak boleh pake jilbab. Pokoknya aku mau pake jilbab ma !. kau tak boleh pake jilbab, kau jelek pake jilbab. ma semua temenku pake jilbab ma, aku cemburu ma. Yang penting kau tak boleh pake jilbab. Si Ibu pun melapor pada  pa Ustad. Pa ustad, gawat nih, gawat pa ustad. Anak saya mau pake jilbab. Emang kenapa bu kalau pake jilbab? Saya melarang dia ustad ! soalnya pake jilbab jelek. Alangkah besar dosa ibu kalau ibu melarang anak ibu memakai jilbab. Belum lagi, kemudian apa kata si Ibu tersebut. Pa ustad bukan begitu pa ustad, sebenarnya nama anak saya Ucok. Bagaimana kalau laki-laki memakai pakaian perempuan apakah cocok .....! tidak.
Dan tang terakhir adalah menutup aurat. Aurat laki-laki mulai dari pusat sampai lutut. Aurat perempuan seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Oleh karena itu teman-teman, mari kita junjung tinggi adab. Terutama yang dianjurkan di dalam al-qur’anul karim, yang ditetapkan di dalam agama kita, yaitu agama Islam. Syair mengatakan

Jilbab-jilbab putih lambang kesucian – yang bersinar di tengah malam gelap gulita
Di balik jilbabmu ada jiwa yang taqwa – di balik senyummu tersimpan masa  depan cerah

Terimakasih mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan. Lebih dan kurangnya saya mohon maaf . وَاللهُ المُوَفِقْ اِلَى اَقْوَمِ الطَّرِق
عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُاَلسَّلَامُ وَ


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.roomantik.com

0 komentar: