Selasa, 28 Februari 2012

Informasi Halaman :
Author : Alip Hadi Mujiono, Staf Pengajar TIK di SMP NU 02 Dukuhturi Kabupaten Tegal.
Judul Artikel :
URL : http://tahrirmansur84.blogspot.com/2012/02/naskah-dacil-keutamaansalam-oleh.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
Naskah Dacil KEUTAMAAN SALAM
Oleh Tahrir,S.Pd.I

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللّهِ وَ بَرَكَاتُهُ
Saya mau tanya, siapa yang mau diwarisi surga ? dikasih surga, cung siapa yang mau ? semua manusia pasti mau. Kalau begitu dengarkan tausyiah baik-baik ya !
اِنَّ الْحَمْدَ لِلهِ . نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِنُهُ. وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُولِ اللهِ. اَمَّابَعْدَهُ.
Diriwayatkan Dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW, beliau telah bersabda: "Kewajiban seorang muslim terhadap muslim yang lain ada enam." Ada yang bertanya: "Dan apakah itu [wahai Rasulullah]?" Beliau menjawab: "Memberi salam jika berjumpa dengannya, memenuhi undangannya jika ia mengundangmu, menasehatinya jika ia memintaimu nasehat, mendoakannya jika ia bersin kemudian memuji Allah, menjenguknya jika ia sakit, dan melayatnya (dan dalam riwayat lain: mengiringi jenazahnya) jika ia meninggal."
        Memberi salam adalah mendoakan keselamatan. Bagaimana cara mengucapkan salam yang benar? yaitu assalamu’alaiku warohmatullohiwabarokatu. Namun masih banyak teman-teman kita yang salamnya: Hai..., mau kemana ? ada yang selamat pagi ! selamat siang! Ada lagi karena lagi naik motor, hanya pencet teeeet, sambil nyengir. Padahal jika kita mengucapkan salam sesuai dengan ajaran islam akan memberikan faidah yang sangat besar yang akan kita terima di dunia dan akhirat.
            Keutamaan menyebarkan salam diantaranya, yang pertama, akan terjadi ikatan saling cinta-mencintai dan sayang-menyayangi yang kuat. Iya nggak ? misalnya ada seorang yang canti, siti namanya. Kita ingin mendekati dia atau kepengin jadi teman dekat misalnya. Apa yang pertama kita berikan kepadanya ? “sssst jangan bilang ke siapa-siapa ya! Sampaikan salam ku assalamualaiku pada siti ya!” di lain waktu “hai sini, gimana salamku! Diterima nggak !” . “diterima” “bener diterima?” “iya”. Akhirnya senang sekali orang tersebut.
            Cara mengucapkan salam adalah orang yang berjalan kepada orang yang duduk. Orang laki-laki memberikan salam kepada laki-laki, dan perempuan kepada perempuan. Namun, jika seperti contoh tadi laki-laki memberi salam kepada perempuan itu hukumnya makruh. Memberikan salam kepada orang yang lebih tua dari kita.
            Faidah salam yang kedua, seorang yang membiasakan salam akan mendapat warisan surga, allohuma ..ami..n. surga adalah sebaik-baik tempat. Segala sesuatu apapun ada di dalam surga. Kepengin mobil, ngung, ngung, ngung tinggal naik. Kepengin makanan yang paling enaaaaak sekali, langsung seeeeeeesssst tinggal ngambil. Segala bentuk minuman, segala bentuk makanan, pokoknya tinggal lep, tinggal lep. Kaya sosis.
            Ucapkanlah salam ketika akan memasuki rumah, sekolah, apalagi kalau mau memasuki rumah orang lain. Jika kita pulang dari sekolah, sampai rumah ko tidak ada orang di dalam. Maka ucapkanlah
اَلسَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ
Sebarkanlah salam kepada semua umat. Maka kita akan selamat, di dunia dan akhirat. Orang yang jahat pun bisa menjadi taubat. Karena takut siksa hari kiamat. Dan juga siksa di liang lahat. Ketika didatangi malaikat, yang sangat kuat.
Ada pak camat makan tahu ketupat
Dicampur santan wuuuuuuh lezat
Anda ingin disenangi kaya pak camat
Ucapkanlah salam di semua tempat
Itulah tausyiah saya, jika benar itu datang dari Alloh. Dan jika salah itu adalah dari kekilafan dan kelemahan saya, untuk itu mohon maaf yang sebesar-besarnya.

عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُاَلسَّلَامُ وَ

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.roomantik.com

0 komentar: