Minggu, 25 Desember 2011

Kisah Qorun_Akidah Akhlak_MI_V_2

Informasi Halaman :
Author : Alip Hadi Mujiono, Staf Pengajar TIK di SMP NU 02 Dukuhturi Kabupaten Tegal.
Judul Artikel : Kisah Qorun_Akidah Akhlak_MI_V_2
URL : http://tahrirmansur84.blogspot.com/2011/12/kisah-qorunakidah-akhlakmiv2.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!

KISAH QORUN

Qorun adalah saudagar kaya raya yang hidup pada zaman Nabi Musa a.s. rumah dan segala perlengkapannya serba mewah dan mahal harganya. Saking banyaknya kunci gudangnya harus dipikul banyak orang untuk membawanya. Qorun dilimpahi rizki yang banyak oleh Alloh Swt.
Namun, Qorun enggan menggunakan hartanya untuk membantu orang lain, ia kikir dan tamak. Dengan sombong ia berkata: “Buat apa aku mengeluarkan sebagian hartaku ! Bukankan harta yang ku miliki adalah hasil dari jerih payahku sendiri!”. Sungguh Qorun telah telah sombong, durhaka kepada Alloh. Namun, Alloh tidak langsung mengazab melainkan mengujinya dengan menambah kekayaannya.
            Suatu saat bani Israil sangat membutuhkan bantuan Qorun, namun dia semakin tidak memperdulikannya. Nabi Musa pun sering menegur dan mengingatkan untuk kembali ke jalan yang benar, namun ia selalu menolak. Akhirnya Alloh mengazabnya.
            Dalam istana tempat tinggalnya tiba-tiba tanahnya membelah menjadi dua dan menelan seluruh harta kekayannya termasuk Qorun. Atas kuasa Alloh, setelah seluruh harta kekayaan Qorun tertelan bumi, tanah tersebut merapat kembali. Akhirnya tamatlah riwayat orang yang kikir dan tamak. Menurut kebiasaan masyarakat jika menemukan harta di dalam tanah disebutlah harta karun.

Qur’an Surat al-Qoshos ayat 81:
$oYøÿ|¡sƒmú ¾ÏmÎ/ ÍnÍ#yÎ/ur uÚöF{$# $yJsù tb%Ÿ2 ¼çms9 `ÏB 7pt¤Ïù ¼çmtRrçŽÝÇZtƒ `ÏB Èbrߊ «!$# $tBur šc%x. z`ÏB z`ƒÎŽÅÇtGYßJø9$# ÇÑÊÈ  
Artinya:”Maka Kami benamkanlah Karun beserta rumahnya ke dalam bumi. Maka tidak ada baginya suatu golonganpun yang menolongnya terhadap azab Allah. dan Tiadalah ia Termasuk orang-orang (yang dapat) membela (dirinya).


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.roomantik.com

0 komentar: